Skip to main content

Program Kerja Pramuka Sekolah Dasar


PROGRAM KERJA PRAMUKA
PANGKALAN
 SDN POLOKARTO 01


 





     
GERAKAN PRAMUKA
PANGKALAN SDN POLOKARTO 01
KWARTIR RANTING KECAMATAN POLOKARTO
KABUPATEN SUKOHARJO



Kata Pengantar

            Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhaanahu wa Ta’ala yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita sekalian, semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan bimbingan petunjuk dan perlindunganNya. Shalawat dan Salam kita marilah kita sama-sama haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam beserta para keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut beliau sampai akhir zaman.
            Suatu perencanaan merupakan suatu langkah awal dalam meraih kesuksesan dalam melakukan suatu kegiatan, begitu juga halnya dengan penyusunan Program kerja Gerakan Pramuka di Pangkalan SDN Polokarto 01 . Isi dari program kerja merupakan arahan dalam melaksanakan kepramukaan yang lebih baik dan disesuaikan dengan kebutuhan sekarang. Namun program kerja ini dapat dikatakan masih belum sempurna, sehingga dapat dihasilkan sesuatu pelaksanaan program kerja yang lebih baik dalam kepramukaan selanjutnya di Pangkalan SDN Polokarto 01.
Adapun tolak ukur dari program kerja ini disusun berdasarkan sistematika yang sangat sederhana dan dapat berkesinambungan. Mudah-mudahan program kerja ini dapat direalisasikan dengan tepat pada sasarannya yaitu peserta didik. Kita menyadari bahwa semua program kerja yang telah disusun dan akan dilaksanakan dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada pada waktu pelaksanaannya selalu ada hambatan walaupun tidak seluruhnya, sehingga seorang Pembina Pramuka mengambil jalan pintas agar semua program dapat diaksanakan dengan baik. Akhirnya, semoga Allah SWT selalu memberikan dan meridhoi segala perjuangan dan pengorbanan kita dalam membina peserta didik sebagai generasi penerus yang terampil, cerdas, disiplin, dan berakhlakul karimah.













DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
………………………………………………………………………..

DAFTAR ISI
………………………………………………………………………..

BAB I PENDAHULUAN


A.
Latar Belakang
………………………………………………………………………..


B.
Dasar Kegiatan
………………………………………………………………………..


C.
Pengertian
………………………………………………………………………..


D.
Tujuan
………………………………………………………………………..


E.
Sasaran
………………………………………………………………………..


F.
Ruang Lingkup
………………………………………………………………………..


G.
Struktur Organisasi
………………………………………………………………………..


H.
Pelaksanaan Kegiatan
………………………………………………………………………..


I.
Kepengurusan
………………………………………………………………………..






BAB II VISI DN MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA


A.
VISI
…………………………………………………………


B.
MISI
…………………………………………………………

BAB III MEKANISME KERJA DAN ADMINISTRASI


A.
Mekanisme Kerja
………………………………………………………………………..


B.
Pelaksanaan Latihan/ Kegiatan
………………………………………………………………………..






BAB IV PROGRAM KERJA


A.
Program Kerja Semerter Ganjil
………………………………………………………………………..


B.
Program Kerja Semester Genap
………………………………………………………………………..


C.
Penjabaran Program
…………………………………………………………


D.
Silabus dan Materi Kegiatan Siaga
…………………………………………………………


E.
Silabus dan Materi Kegiatan Penggalang
…………………………………………………………






BAB IV ANGGARAN GUDEP

BAB V PENUTUP

LAMPIRAN-LAMPIRAN


 

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan berbagai macam pembinaan karakter dan ketrampilan bagi siswa. Sehingga meringankan beban pendidikan karakter dan ketrampilan yang menjadi tanggung jawab kurikulum wajib, yang tertuang dalam beberapa mata pelajaran wajib.
Pendidikan akhlak mulia atau karakter yang tertuang dalam Kompetensi Inti 1 dan  2 Kurikulum Nasional dapat dibina dalam Pendidikan Kepramukaan ini. KI 1 yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. KI 2 yaitu “Menunjukan perilaku jujur ,disiplin ,tanggung jawab, santun, perduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya. Kompetensi Inti 3 dan 4 dalam Kurikulum Nasional. KI 3 meliputi “Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang ditemuinya di rumah dan di sekolah”. Dan KI 4 meliputi “. Menyajikan pengetahuan yang faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Dengan kompetensi dasar yang berbeda akan menjadikan kegiatan pramuka akan berbeda sangat jauh dengan kegiatan pembelajaran akademis. Kompetensi yang diharapkan pada kegiatan pramuka adalah ketrampilan praktis dari kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Membuat kegiatan pramuka tidak sulit untuk dipahami dan dipraktekkan. Sehingga bentuk-bentuk kegiatannya bisa lebih banyak kegiatan luar ruang yang  menyenangkan dan aktif.
Maka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah, gerakan pramuka merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan dan penuh aktifitas praktis yang  dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sampai saat ini terbukti, pramuka masih sangat diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik di Indonesia. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksanakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.

B.     Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
  1. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
  2. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
  3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
  4. Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
  5. Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
  6. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
  7. Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program kerja Tahunan SD Negeri Polokarto 01.

C.   Pengertian
1.  Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah.
2.   Pangkalan adalah tempat kedudukan Gugus Depan.
3. Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.
4.  Gugus Depan adalah satuan pendidikan dan satuan organisasi terdepan penyelenggara pendidikan kepramukaan.
5.  Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka adalah Anggota Dewasa yang terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan kepramukaan
6.  Pembina adalah guru disekolah yang aktif dalam gerakan pramuka adalah Pembina yang sama mempunyai hak untuk memberikan pembinaan.
7.  Pembina GUDEP adalah guru yang diberi wewenang untuk memegang jalanya kegiatan Pramuka yang membawahi sekurang-kurangnya 24-32 orang penggalang atau 4 regu juga barung dalam siaga.
8.      Regu adalah kelompok belajar interaktif teman sebaya usia antara 11-15 tahun yang disebut Pramuka Penggalang, sedangkan usia 7 – 10 tahun disebut Pramuka Siaga.

D.  Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
  1. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
  2. Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
  3. Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.

E.  Sasaran
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:
  1. Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan Dewan Guru
  2. Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
  3. Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
  4. Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga dan penggalang sesuai dengan tingkat umur peserta didik.

F.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembinaan Gerakan Pramuka di Pangkalan SD Negeri Polokarto 01 mengacu kepada pola umum Gerakan Pramuka yang meliputi segala bidang dalam Gerakan Pramuka.


G.  Struktur Organisasi
Struktur organisasi Gugus Depan Gerakan Pramuka diatur dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 231 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka. (terlampir).

H.   Pelaksanaan Kegiatan
1. Pelaksanaan pembinaan Gerakan Pramuka di Pangkalan SD Negeri Polokarto 01 mengacu kepada prinsip dasar metodik kepramukaan yang menggunakan pandangan dan memerlukan tiap peserta didik sebagai makhluk Tuhan, makhluk pribadi dan makhluk sosial.
2. Para pendidik merupakan subjek didik, yang ikut menetukan ragam kegiatan kepramukaan, yaitu dengan memperhatikan minat, bakat,kemampuan dan kebutuhan mereka.
3. Kerpamukaan juga dilandasi dengan
4. Pendidikan yang berpusat pada Allah SWT sebagai bentuk kepercayan agama Islam.
5. Pendidikan yang bersifat pada anak dan pemuda, yaitu bahwa kegiatannya dilakukan atas  prakarsa mereka dari, oleh danuntuk mereka sendiri, serta oleh mereka pula meskipun tetap di bawahtanggungjawab orang dewasa.
6. Pendidikan yang berpusat pada masyarakat yaitu bahwa kegiatannya disesuaikan dengan keadaan, kemampuan, harapan dan kebutuhan masyarakat.

I.   Kepengurusan
    Susunan Pengurus Gugus Depan;
a.       Ka. Mabigus
b.      Pembina Gudep Putra/Putri
c.       Pembantu Pembina Putra/Putri
d.      Anggota (Siswa











BAB II
VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor  81a  Tahun 2013  Tentang  Implementasi Kurikulum berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi kegiatan ektrakurikuler. Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka pada Gudep SDN Polokarto 01 adalah sebagai berikut:.
A      Visi :
Pengembangan Potensi Bakat, Minat, dan Mental serta Moral untuk memacu mutu sumber daya manusia agar unggul dalam prestasi.
B      Misi :
  1. Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan  keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta  ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman
  2. Memyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat, dan minat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental, dan moral yang berkarakter.
  4. Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi dan mutu pendidikan.
  5. Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar serta keterampilan.














BAB III
MEKANISME KERJA DAN ADMINISTRASI

A.   Mekanisme Kerja
 Kedudukan Gudep sebagai wadah keanggotaan bagi peserta didik yang berpangkalan di SD Negeri Polokarto 01 Sukoharjo. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Pramuka pada Gudep yang berpangkalan di sekolah mendapat persetujuan kepala sekolah selaku Ketua Mabigus.

B.  Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
1.   Pelaksanaan latihan/Kegiatan golongan peserta didik dilakukan di pangkalan.
2. Pelaksanaan kegiatan dilakukan sebanyak mungkin dengan praktik dan tetap memperhatikan ketertiban, keamanan, berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia, kemampuan jasmani, dan rohani.
3.  Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis, yaitu; sederhana, mudah, memanfaatkan sumber daya yang ada dan menghemat biaya tetapi berhasil dan tepat guna.
4.  Pelaksanaan latihan/Kegiatan berupaya mencapai Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
5.   Pelaksanaan kegiatan disusun secara berkala dalam program (terlampir).


















BAB IV
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka SDN Polokarto 01 dapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Program Umum
  2. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
  3. Masa Orientasi Anggota Baru yang pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas I
  4. Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Kepramukaan, melalui kegiatan:
  • Latihan Rutin
  • Pencapaian SKU
  • Pencapaian SKK
  • 2 macam SKK Agama
  • 2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
  • 2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
  • 2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
  • 2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
  • Peningkatan mutu latihan pramuka siaga dan penggalang
  • Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
  • Perkemahan Sabtu Minggu ( 1 kali )
  • Penjelajahan dan Survival Game
  • Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
  • Lomba Tingkat I ( 1 kali )
  • Bakti Masyarakat ( 1 kali )
  • Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
  • Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
  • Musyawarah Gugus Depan
5.      Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
  1. Buku Induk Gugus Depan
  2. Stempel Gugus Depan
  3. Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
  4. Buku Administrasi Keuangan
  5. Daftar Inventaris Gugus Depan
  6. Buku Tamu Gugus Depan
  7. Laporan Semester Gugus Depan
  8. Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
  9. Pengadaan Tenda Pramuka
  10. Pengadaan alat pionering yang meliputi :
  • tali pramuka
  • tongkat
11.  Bendera Gugus Depan yang meliputi:
  • Bendera Tunas Kelapa
  • Bendera Pramuka Sedunia Putra
  • Bendera Pramuka Sedunia Putri
12.  Bendera Semaphore dan Morse
  1. Papan Nama Gugus Depan
  2. Sanggar Bakti Pramuka
  3. Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:
  1. Alokasi dana dari BOS
  2. Sumbangan lain yang tidak mengikat
  3. Bidang Pendidikan Orang Dewasa
  4. Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
  5. Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
  6. Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
  7. Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan  SDN Polokarto 01 dapat dijabarkan sebagai berikut:

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2019 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2019
No
KEGIATAN
BULAN KE
KET
Jul
Ags
Sept
Okt
Nop
Des
1.
Masa Orientasi Anggota Baru

X





2.
Latihan Rutin (Sistem Reguler)

X
X
X
X


3.
Ujian SKU Siaga

X
X
X
X



Ujian SKU Penggalang







6.
Ujian SKK

X
X
X
X


7.
Gladian Pemimpin Regu


X




8.
Perkemahan Dekat ( Persami )







9.
Penjelajahan dan Halang Rintang


X




10.
Bakti Masyarakat




X


11.
Latihan gabungan




X


12.
Lomba Tingkat I




X


13.
Laporan Semester ke Kwartir Ranting





X

14
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
Menyesuaikan


PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2020 SAMPAI DENGAN JUNI 2020
No
KEGIATAN
BULAN KE
KET
Jan
Peb
Mar
Apr
Mei
Jun
1.
Latihan Rutin (Sistem Reguler)
X
X
X
X
X


2.
Ujian SKU Siaga
X
X
X
X



3.
Ujian SKU Penggalang


X
X
X


5.
Ujian SKK

X
X
X
X


6.
Gladian Pemimpin Regu



X



7.
Perkemahan Dekat ( Persami )



X



8.
Penjelajahan dan Halang Rintang


X




9.
Bakti Masyarakat




X


10.
Latihan gabungan




X


11.
Laporan Semester ke Kwartir Ranting





X

12.
Pemilihan pramuka terbaik




X


13.
Musyawarah Gugus Depan




X


14.
Perkemahan jauh dan Pengembaraan





X

15.
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
Menyesuaikan


Penjabaran Masing-Masing Program
1.   Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
a.       Latihan rutin dilakukan seminggu sekali di luar jam pembelajaran
  1. Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
  2. Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
  3. Rincian materi latihan rutin adalah :
    • Sejarah Pramuka
    • Dasa Dharma dan Trisatya (penggalang), Dwi Darma dan Dwi Satya (siaga)
    • PBB dan Upacara Pramuka
    • Sandi pramuka (huruf rahasia)
    • Semaphore
    • Kompas
    • Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
    • Api Unggun
    • Tata Boga
    • Hasta karya Pramuka
    • Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kepramukaan
    • Musyawarah dan Mufakat
    • Tanda Jejak, Peta
    • P3K
    • Penjelajahan dam Permainan Pramuka
    • Lagu Wajib dan Lagu Daerah
    • Bakti karya
    • Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan
  4. Musyawarah Gugus Depan
    • Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus depan.
    • Dalam kegiatan ini dirumuskan :
      • Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
      • Susunan Pembina Gugus Depan
      • Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
    • Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
      • Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
      • Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri
      • Pembina pramuka
      • Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak
      • Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah dan unsur guru yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
      • Unsur Komite Sekolah
      • Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
      • Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
    • Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
  5. Kegiatan Perkemahan
    1. Perkemahan Sehari (Persari)
      • Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan
      • Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
      • Kegiatan ini meliputi :
·      Penjelajahan dan halang rintang
·      Kegiatan latihan gabungan
·      Latihan Dasar Kepemimpinan
·      Lomba Tingkat I
  1. Perkemahan Dekat (di Sekolah)
  • Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan
  • Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (Jumat) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB (Sabtu)
  • Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah :
    • Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
    • Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
    • Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
    • Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
  1. Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
    1. Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan
    2. Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
  2. Kegiatan Insidental
    1. Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat
    2. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
    3. Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
·      Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
·      Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)

1.    Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA SIAGA
No
Bulan/Minggu
Materi Latihan

No
Bulan/Minggu
Materi Latihan
1


Juli 2019



a. Pelantikan Siaga
b. Pengenalan Pramuka
c. Pengenalan Siaga

7.
Januari 2020
a.     Makanan,  Vitamin, Mineral dan penyakit
b.     Toga
c.   Tali Temali
2.
Agustus 2019
a.     Rukun Iman dan Rukun Islam
b.     PBB Dasar
c.     Dwi Dharma dan Dwi Satya
d.    Salam Pramuka

8.
Februari 2020
a.       Lambang Gerakan Pramuka
b.      Mengenal Pahlawan
c.       Pu & PUK
d.      Permainan Siaga
3.
September 2019
a.     PBB Dasar
b.     Keagamaan dan Do’a Harian
c.     Sejarah Pramuka

9.
Maret 2020
a.     Morse
b.    Semapore
c.     Mengenal Obyek Wisata
d.    Survival dan Perkemahan

 4.
Oktober 2019
a.   PBB Dasar
b.   Lambang Gerakan Pramuka
c.   Lagu-lagu daerah
d.  Seragam Pramuka

10
April 2020
a.     Tali – temali
b.    Membuat Drakbar
c.     Morse
d.    Lagu Wajib/
e.     Ujian TKK
 5
November 2019
a.  PBB dasar
b.  Ujian SKU Siaga
c.  Lagu Indonesia Raya
d. Bendera Merah Putih
e.  Hari Besar Nasional dan Hari Besar Keagamaan

9.
Mei 2020
a.      Mengenal Negara ASEAN
b.     KIM
c.      Rambu Lalu Lintas
d.     Pandawa Lima dan Ponakawan
e.      Senam Pramuka
 6
Desember 2019
a.    Pemerintahan Indonesia
b.   Pancasila
c.    Membaca Jam
d.   Arah Mata Angin
e.    Uji TKK





SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG

No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Kegiatan
1



1.     Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan




1.1     Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
1.1  Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
Sejarah kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
1.2     Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia

1.3     Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat


1.4 Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
 Dasa Dharma dan Trisatya
1.5 Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan masyarakat

2

2.   Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara Penggalang


2.1     Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri)
2.1  Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri)
PBB dan Latihan Upacara
2.2     Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan
2.2 Memperagakan upacara Penggalang di lapangan

3


3     Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore



3.1  Mengetahui macam-macam SANDI
3.1  Mengetahui macam-macam SANDI
Huruf SANDI
3.2  Mengetahui fungsi bendera Semaphore
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore
Semaphore
3.3  Memperagakan bendera semaphore dengan benar
3.3    Memperagakan bendera semaphore dengan benar

4
4   Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
4.1  Menggunakan pedoman kompas dengan benar
4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar
Pedoman kompas
5


5     Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah



5.1  Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
5.1 Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
5.2  Membuat tandu dan kaki tiga
5.2  Membuat tandu dan kaki tiga

5.3  Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda

6

6      Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan


6.3  Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
6.1    Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
Api unggun
6.2     Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
6.2  Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah

7

7      Memahami resep dasar memasak


7.1     Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
7.1    Membuat resep/ bumbu masakan / rujak-an sederhana
Tata boga
7.2  Latihan memasak  tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
7.3 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)

8

8     Memahami cara membuat hasta karya


8.1  Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
8.1 Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)
Hasta karya Pramuka
8.2  Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
8.3 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas

9


9     Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka



9.1     Mengetahui lambang gerakan pramuka
9.1  Mengetahui lambang gerakan pramuka
Lambang Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan
9.2  Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah
9.3  Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah

9.4  Membentuk kepengurusan regu
9.2 Membentuk kepengurusan regu

10
10    Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana
10.1Mengetahui arti musyawarahdan mufakat secara sederhana
Musyawarah dan mufakat Pramuka


10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut
10.2Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut

11

11       Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan


11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
11.1   Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
Mencari jejak dan penggunaan peta
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
11.3    Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan

12


12     Memahami definisi dan praktek P3K



12.1 Mengetahui arti P3K
12.1 Mengetahui arti P3K
P3K
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K
12.2   Mengetahui cara praktek P3K

12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
12.3   Memperagakan P3K dan PPGD

13


13    Memahami definisi jelajah alam dan out bound



13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond
13.1Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
Jelajah alam dan out bout
13.2Mengetahui macam-macam jenis out bound
13.2 Mengetahui macam-macam jenis outbound

13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana
13.3Jelajah alam dan out bout sederhana

14

14     Memahami  macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.


14.1Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah
14.1Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
Lagu-lagu wajib dan daerah
14.2    Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
14.2Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi yang benar

15

15    Memahami makna bakti karya Penggalang.


15.1Mengetahui makna bakti karya Penggalang
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang
Bakti karya
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa
15.2Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan



BAB IV
ANGGARAN GUDEP

Anggaran GUDEP diperoleh dari :
1.   Iuran anggota yang besarnya ditentukan oleh musyawarah GUDEP
2.   Anggaran Pramuka yang pungut dari siswa melalui daftar ulang besarnya ditentukan dalam musyawarah GUDEP
3.   Bantuan dari masyarakat yang tidak mengikat
4.   Usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan perturan perundang-undangan, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.





BAB V
P E N U T U P

Akhir kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan pada kami, sehingga kami dapat membantu dalam sesuai dengan kemampuan yang kami miliki saat ini. Selanjutnya, kami mohon maaf sebesar-besarnya jikalau dalam kegiatan di lapangan maupun pengadaan administrasi yang kami buat jauh dari sempurna, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi terwujudnya kegiatan dan program yang lebih baik di masa yang akan datang.

Comments

Popular posts from this blog

Program Latihan Mingguan Siaga

RENCANA PROGRAM LATIHAN MINGGUAN GOLONGAN SIAGA PANGKALAN SDN POLOKARTO 01 GUGUS DEPAN 11.11.03/04 KWARTIR RANTING POLOKARTO BULAN : Agustus 2019 - Mei 2020      MINGGU KE : 1 - 24 NO MINGGU KE WAKTU MATERI POKOK SASARAN MATERI PENGGANTI ALAT PEMBINA KETERANGAN 1 Minggu ke 3 dan 4 Agustus  Perkenalan Menghargai keberagaman / kebhinekaan  Bernyanyi, bermain, dan bersenang - senang  Name Tag Outdoor Games Melatih keberanian dan tanggungjawab Indoor Games  - ...