PROGRAM
KERJA PRAMUKA
PANGKALAN
SDN POLOKARTO 01
GERAKAN
PRAMUKA
PANGKALAN
SDN POLOKARTO 01
KWARTIR
RANTING KECAMATAN POLOKARTO
KABUPATEN
SUKOHARJO
Kata
Pengantar
Puji
dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhaanahu wa Ta’ala yang telah
memberikan rahmat dan karunianya kepada kita sekalian, semoga Allah Subhaanahu
wa Ta’ala senantiasa memberikan bimbingan petunjuk dan perlindunganNya.
Shalawat dan Salam kita marilah kita sama-sama haturkan kepada junjungan kita
Nabi Besar Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam beserta para keluarga,
sahabat, dan pengikut-pengikut beliau sampai akhir zaman.
Suatu perencanaan merupakan suatu langkah awal dalam meraih
kesuksesan dalam melakukan suatu kegiatan, begitu juga halnya dengan penyusunan
Program kerja Gerakan Pramuka di Pangkalan SDN Polokarto 01 . Isi dari program
kerja merupakan arahan dalam melaksanakan kepramukaan yang lebih baik dan
disesuaikan dengan kebutuhan sekarang. Namun program kerja ini dapat dikatakan
masih belum sempurna, sehingga dapat dihasilkan sesuatu pelaksanaan program
kerja yang lebih baik dalam kepramukaan selanjutnya di Pangkalan SDN Polokarto
01.
Adapun tolak ukur dari program kerja
ini disusun berdasarkan sistematika yang sangat sederhana dan dapat berkesinambungan.
Mudah-mudahan program kerja ini dapat direalisasikan dengan tepat pada
sasarannya yaitu peserta didik. Kita menyadari bahwa semua program kerja yang
telah disusun dan akan dilaksanakan dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada
pada waktu pelaksanaannya selalu ada hambatan walaupun tidak seluruhnya,
sehingga seorang Pembina Pramuka mengambil jalan pintas agar semua program
dapat diaksanakan dengan baik. Akhirnya, semoga Allah SWT selalu memberikan dan
meridhoi segala perjuangan dan pengorbanan kita dalam membina peserta didik
sebagai generasi penerus yang terampil, cerdas, disiplin, dan berakhlakul
karimah.
DAFTAR
ISI
|
||||
KATA PENGANTAR
|
………………………………………………………………………..
|
|||
DAFTAR ISI
|
………………………………………………………………………..
|
|||
BAB I
PENDAHULUAN
|
||||
A.
|
Latar Belakang
|
………………………………………………………………………..
|
||
B.
|
Dasar Kegiatan
|
………………………………………………………………………..
|
||
C.
|
Pengertian
|
………………………………………………………………………..
|
||
D.
|
Tujuan
|
………………………………………………………………………..
|
||
E.
|
Sasaran
|
………………………………………………………………………..
|
||
F.
|
Ruang Lingkup
|
………………………………………………………………………..
|
||
G.
|
Struktur Organisasi
|
………………………………………………………………………..
|
||
H.
|
Pelaksanaan Kegiatan
|
………………………………………………………………………..
|
||
I.
|
Kepengurusan
|
………………………………………………………………………..
|
||
|
|
|
|
|
BAB
II VISI DN MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
|
|
|||
|
A.
|
VISI
|
…………………………………………………………
|
|
|
B.
|
MISI
|
…………………………………………………………
|
|
BAB III MEKANISME KERJA DAN
ADMINISTRASI
|
||||
A.
|
Mekanisme Kerja
|
………………………………………………………………………..
|
||
B.
|
Pelaksanaan Latihan/ Kegiatan
|
………………………………………………………………………..
|
||
BAB IV PROGRAM KERJA
|
||||
A.
|
Program Kerja Semerter Ganjil
|
………………………………………………………………………..
|
||
B.
|
Program Kerja Semester Genap
|
………………………………………………………………………..
|
||
C.
|
Penjabaran
Program
|
…………………………………………………………
|
||
|
D.
|
Silabus
dan Materi Kegiatan Siaga
|
…………………………………………………………
|
|
|
E.
|
Silabus
dan Materi Kegiatan Penggalang
|
…………………………………………………………
|
|
|
|
|
|
|
BAB IV ANGGARAN GUDEP
|
||||
BAB V PENUTUP
|
||||
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler
yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan
Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini
dapat dilakukan berbagai macam pembinaan karakter dan ketrampilan bagi siswa.
Sehingga meringankan beban pendidikan karakter dan ketrampilan yang menjadi
tanggung jawab kurikulum wajib, yang tertuang dalam beberapa mata pelajaran
wajib.
Pendidikan akhlak mulia atau karakter yang tertuang dalam
Kompetensi Inti 1 dan 2 Kurikulum Nasional dapat dibina dalam Pendidikan
Kepramukaan ini. KI 1 yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya”. KI 2 yaitu “Menunjukan perilaku jujur ,disiplin ,tanggung jawab,
santun, perduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya. Kompetensi Inti 3 dan 4 dalam Kurikulum Nasional. KI 3
meliputi “Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang ditemuinya di rumah
dan di sekolah”. Dan KI 4 meliputi “. Menyajikan pengetahuan yang faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
Dengan kompetensi dasar yang berbeda akan menjadikan
kegiatan pramuka akan berbeda sangat jauh dengan kegiatan pembelajaran
akademis. Kompetensi yang diharapkan pada kegiatan pramuka adalah ketrampilan
praktis dari kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Membuat kegiatan
pramuka tidak sulit untuk dipahami dan dipraktekkan. Sehingga bentuk-bentuk
kegiatannya bisa lebih banyak kegiatan luar ruang yang menyenangkan dan
aktif.
Maka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di
sekolah, gerakan pramuka merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang
dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan dan penuh aktifitas praktis yang
dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sampai saat
ini terbukti, pramuka masih sangat diharapkan dapat memberikan peranan penting
dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik di Indonesia.
Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama,
patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya,
dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat
melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji
pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam
gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka
yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik
sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus
depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak
mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah,
perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu
yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja
sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan
yang wajib dilaksanakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
B. Dasar
Kegiatan
Yang
menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
- Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
- Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
- Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
- Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
- Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
- Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
- Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program kerja Tahunan SD Negeri Polokarto 01.
C. Pengertian
1. Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar
mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta
didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan
yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan
yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah.
2.
Pangkalan adalah tempat kedudukan Gugus Depan.
3. Gerakan Pramuka adalah organisasi
yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.
4.
Gugus Depan adalah satuan pendidikan dan satuan organisasi terdepan
penyelenggara pendidikan kepramukaan.
5.
Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka adalah Anggota Dewasa yang
terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan kepramukaan
6.
Pembina adalah guru disekolah yang aktif dalam gerakan pramuka adalah
Pembina yang sama mempunyai hak untuk memberikan pembinaan.
7.
Pembina GUDEP adalah guru yang diberi wewenang untuk memegang jalanya
kegiatan Pramuka yang membawahi sekurang-kurangnya 24-32 orang penggalang atau
4 regu juga barung dalam siaga.
8. Regu adalah kelompok belajar
interaktif teman sebaya usia antara 11-15 tahun yang disebut Pramuka
Penggalang, sedangkan usia 7 – 10 tahun disebut Pramuka Siaga.
D. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja
ini:
- Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
- Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
- Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.
E. Sasaran
Sasaran pelaksanaan program kerja
ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:
- Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan Dewan Guru
- Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
- Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
- Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga dan penggalang sesuai dengan tingkat umur peserta didik.
F. Ruang Lingkup
Ruang lingkup
pembinaan Gerakan Pramuka di Pangkalan SD Negeri Polokarto 01 mengacu kepada pola umum Gerakan
Pramuka yang meliputi segala bidang dalam Gerakan Pramuka.
G. Struktur Organisasi
Struktur organisasi Gugus Depan
Gerakan Pramuka diatur dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor
231 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka.
(terlampir).
H. Pelaksanaan Kegiatan
1. Pelaksanaan
pembinaan Gerakan Pramuka di Pangkalan SD Negeri Polokarto 01 mengacu kepada
prinsip dasar metodik kepramukaan yang menggunakan pandangan dan memerlukan tiap peserta didik sebagai makhluk Tuhan,
makhluk pribadi dan makhluk sosial.
2. Para pendidik merupakan subjek didik, yang ikut menetukan
ragam kegiatan kepramukaan, yaitu dengan
memperhatikan minat, bakat,kemampuan dan kebutuhan mereka.
3. Kerpamukaan
juga dilandasi dengan
4. Pendidikan
yang berpusat pada Allah SWT sebagai bentuk kepercayan agama Islam.
5. Pendidikan
yang bersifat pada anak dan pemuda, yaitu bahwa kegiatannya dilakukan atas prakarsa
mereka dari, oleh danuntuk mereka sendiri, serta oleh mereka pula
meskipun tetap di bawahtanggungjawab orang dewasa.
6. Pendidikan
yang berpusat pada masyarakat yaitu bahwa kegiatannya
disesuaikan dengan keadaan, kemampuan, harapan dan kebutuhan masyarakat.
I. Kepengurusan
Susunan Pengurus Gugus Depan;
a.
Ka. Mabigus
b.
Pembina Gudep Putra/Putri
c.
Pembantu Pembina Putra/Putri
d.
Anggota (Siswa
BAB
II
VISI
MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Mengacu
pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang
Implementasi Kurikulum berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu
adanya visi misi kegiatan ektrakurikuler. Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikuler
Pramuka pada Gudep SDN Polokarto 01 adalah sebagai berikut:.
A Visi
:
Pengembangan Potensi Bakat, Minat, dan
Mental serta Moral untuk memacu mutu sumber daya manusia agar unggul dalam
prestasi.
B Misi
:
- Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman
- Memyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat, dan minat.
- Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental, dan moral yang berkarakter.
- Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi dan mutu pendidikan.
- Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar serta keterampilan.
BAB III
MEKANISME KERJA DAN ADMINISTRASI
A. Mekanisme Kerja
Kedudukan Gudep
sebagai wadah keanggotaan bagi peserta didik yang berpangkalan di SD Negeri
Polokarto 01 Sukoharjo. Perencanaan dan
pelaksanaan kegiatan Pramuka pada Gudep yang berpangkalan di sekolah mendapat persetujuan
kepala sekolah selaku Ketua Mabigus.
B. Pelaksanaan
Latihan / Kegiatan
1. Pelaksanaan latihan/Kegiatan
golongan peserta didik dilakukan di pangkalan.
2. Pelaksanaan kegiatan dilakukan
sebanyak mungkin dengan praktik dan tetap memperhatikan ketertiban, keamanan,
berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan
dan kecakapan yang sesuai dengan usia, kemampuan jasmani, dan rohani.
3. Pelaksanaan
kegiatan dilakukan secara praktis, yaitu; sederhana, mudah, memanfaatkan sumber
daya yang ada dan menghemat biaya tetapi berhasil dan tepat guna.
4. Pelaksanaan latihan/Kegiatan
berupaya mencapai Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
5. Pelaksanaan
kegiatan disusun secara berkala dalam program (terlampir).
BAB
IV
PROGRAM
KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka SDN Polokarto 01 dapat
dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan
program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan.
Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
- Program Umum
- Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
- Masa Orientasi Anggota Baru yang pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas I
- Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Kepramukaan, melalui kegiatan:
- Latihan Rutin
- Pencapaian SKU
- Pencapaian SKK
- 2 macam SKK Agama
- 2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
- 2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
- 2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
- 2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
- Peningkatan mutu latihan pramuka siaga dan penggalang
- Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
- Perkemahan Sabtu Minggu ( 1 kali )
- Penjelajahan dan Survival Game
- Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
- Lomba Tingkat I ( 1 kali )
- Bakti Masyarakat ( 1 kali )
- Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
- Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
- Musyawarah Gugus Depan
5.
Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan
administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
- Buku Induk Gugus Depan
- Stempel Gugus Depan
- Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
- Buku Administrasi Keuangan
- Daftar Inventaris Gugus Depan
- Buku Tamu Gugus Depan
- Laporan Semester Gugus Depan
- Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
- Pengadaan Tenda Pramuka
- Pengadaan alat pionering yang meliputi :
- tali pramuka
- tongkat
11.
Bendera Gugus Depan yang meliputi:
- Bendera Tunas Kelapa
- Bendera Pramuka Sedunia Putra
- Bendera Pramuka Sedunia Putri
12.
Bendera Semaphore dan Morse
- Papan Nama Gugus Depan
- Sanggar Bakti Pramuka
- Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang
bersumber dari:
- Alokasi dana dari BOS
- Sumbangan lain yang tidak mengikat
- Bidang Pendidikan Orang Dewasa
- Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
- Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
- Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
- Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester
gugus depan SDN Polokarto 01 dapat dijabarkan sebagai berikut:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2019 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2019
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jul
|
Ags
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||
1.
|
Masa Orientasi Anggota Baru
|
X
|
||||||
2.
|
Latihan Rutin (Sistem Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|||
3.
|
Ujian SKU Siaga
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|||
Ujian SKU Penggalang
|
||||||||
6.
|
Ujian SKK
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|||
7.
|
Gladian Pemimpin Regu
|
X
|
||||||
8.
|
Perkemahan Dekat ( Persami )
|
|||||||
9.
|
Penjelajahan dan Halang Rintang
|
X
|
||||||
10.
|
Bakti Masyarakat
|
X
|
||||||
11.
|
Latihan gabungan
|
X
|
||||||
12.
|
Lomba Tingkat I
|
X
|
||||||
13.
|
Laporan Semester ke Kwartir
Ranting
|
X
|
||||||
14
|
Mengikuti kegiatan di Kwartir
Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2020 SAMPAI DENGAN JUNI 2020
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jan
|
Peb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
|||
1.
|
Latihan Rutin (Sistem Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||
2.
|
Ujian SKU Siaga
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|||
3.
|
Ujian SKU Penggalang
|
X
|
X
|
X
|
||||
5.
|
Ujian SKK
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|||
6.
|
Gladian Pemimpin Regu
|
X
|
||||||
7.
|
Perkemahan Dekat ( Persami )
|
X
|
||||||
8.
|
Penjelajahan dan Halang Rintang
|
X
|
||||||
9.
|
Bakti Masyarakat
|
X
|
||||||
10.
|
Latihan gabungan
|
X
|
||||||
11.
|
Laporan Semester ke Kwartir
Ranting
|
X
|
||||||
12.
|
Pemilihan pramuka terbaik
|
X
|
||||||
13.
|
Musyawarah Gugus Depan
|
X
|
||||||
14.
|
Perkemahan jauh dan Pengembaraan
|
X
|
||||||
15.
|
Mengikuti kegiatan di Kwartir
Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
Penjabaran Masing-Masing Program
1.
Latihan
Rutin Pramuka
Dalam
melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
a.
Latihan
rutin dilakukan seminggu sekali di luar jam pembelajaran
- Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
- Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
- Rincian materi latihan rutin adalah :
- Sejarah Pramuka
- Dasa Dharma dan Trisatya (penggalang), Dwi Darma dan Dwi Satya (siaga)
- PBB dan Upacara Pramuka
- Sandi pramuka (huruf rahasia)
- Semaphore
- Kompas
- Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
- Api Unggun
- Tata Boga
- Hasta karya Pramuka
- Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kepramukaan
- Musyawarah dan Mufakat
- Tanda Jejak, Peta
- P3K
- Penjelajahan dam Permainan Pramuka
- Lagu Wajib dan Lagu Daerah
- Bakti karya
- Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan
- Musyawarah Gugus Depan
- Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus depan.
- Dalam kegiatan ini dirumuskan :
- Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
- Susunan Pembina Gugus Depan
- Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
- Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
- Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
- Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri
- Pembina pramuka
- Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak
- Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah dan unsur guru yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
- Unsur Komite Sekolah
- Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
- Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
- Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
- Kegiatan Perkemahan
- Perkemahan Sehari (Persari)
- Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan
- Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
- Kegiatan ini meliputi :
· Penjelajahan dan halang rintang
·
Kegiatan
latihan gabungan
·
Latihan
Dasar Kepemimpinan
·
Lomba
Tingkat I
- Perkemahan Dekat (di Sekolah)
- Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan
- Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (Jumat) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB (Sabtu)
- Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah :
- Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
- Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
- Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
- Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
- Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
- Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan
- Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
- Kegiatan Insidental
- Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat
- Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
- Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
·
Kegiatan
kunjungan ke anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain
(berdasar undangan)
·
Mengikuti
kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas
dan gudep lain)
1.
Silabus
Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA
SIAGA
No
|
Bulan/Minggu
|
Materi Latihan
|
No
|
Bulan/Minggu
|
Materi Latihan
|
|
1
|
Juli 2019
|
a. Pelantikan Siaga
b. Pengenalan Pramuka
c. Pengenalan Siaga
|
7.
|
Januari 2020
|
a. Makanan,
Vitamin, Mineral dan penyakit
b. Toga
c. Tali Temali
|
|
2.
|
Agustus 2019
|
a. Rukun
Iman dan Rukun Islam
b. PBB
Dasar
c. Dwi
Dharma dan Dwi Satya
d. Salam
Pramuka
|
8.
|
Februari 2020
|
a. Lambang
Gerakan Pramuka
b. Mengenal
Pahlawan
c. Pu &
PUK
d. Permainan
Siaga
|
|
3.
|
September 2019
|
a. PBB
Dasar
b. Keagamaan
dan Do’a Harian
c. Sejarah
Pramuka
|
9.
|
Maret 2020
|
a. Morse
b. Semapore
c. Mengenal
Obyek Wisata
d. Survival
dan Perkemahan
|
|
4.
|
Oktober 2019
|
a. PBB
Dasar
b. Lambang Gerakan
Pramuka
c. Lagu-lagu
daerah
d. Seragam
Pramuka
|
10
|
April 2020
|
a. Tali –
temali
b. Membuat
Drakbar
c. Morse
d. Lagu
Wajib/
e. Ujian
TKK
|
|
5
|
November 2019
|
a. PBB
dasar
b. Ujian
SKU Siaga
c. Lagu
Indonesia Raya
d. Bendera
Merah Putih
e. Hari
Besar Nasional dan Hari Besar Keagamaan
|
9.
|
Mei 2020
|
a. Mengenal
Negara ASEAN
b. KIM
c. Rambu
Lalu Lintas
d. Pandawa
Lima dan Ponakawan
e. Senam
Pramuka
|
|
6
|
Desember 2019
|
a. Pemerintahan
Indonesia
b. Pancasila
c. Membaca
Jam
d. Arah
Mata Angin
e. Uji TKK
|
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Kegiatan
|
1
|
1.
Memahami
sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka
dalam segala aspek kehidupan
|
1.1
Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia
|
1.1
Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia
|
Sejarah kepramukaan dan kode
kehormatan Pramuka
|
1.2
Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
1.2
Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
|||
1.3
Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
1.4
Menghafalkan
Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
|
Dasa Dharma dan Trisatya
|
||
1.5
Mengamalkan
Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan masyarakat
|
||||
2
|
2.
Memahami
makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penggalang
|
2.1
Memperagakan
gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
2.1
Memperagakan
gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri)
|
PBB dan Latihan Upacara
|
2.2
Memperagakan
upacaraPenggalang di lapangan
|
2.2
Memperagakan
upacara Penggalang di lapangan
|
|||
3
|
3
Memahami
macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore
|
3.1
Mengetahui
macam-macam SANDI
|
3.1
Mengetahui
macam-macam SANDI
|
Huruf SANDI
|
3.2
Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
3.2
Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
Semaphore
|
||
3.3
Memperagakan
bendera semaphore dengan benar
|
3.3
Memperagakan
bendera semaphore dengan benar
|
|||
4
|
4
Memahami
manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menggunakan
pedoman kompas dengan benar
|
4.1
Menggunakan
pedoman kompas dengan benar
|
Pedoman kompas
|
5
|
5
Memahami
penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1
Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
5.1
Mengetahui
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Tali temali, cara mendirikan
tenda, dan berkemah
|
5.2
Membuat
tandu dan kaki tiga
|
5.2
Membuat
tandu dan kaki tiga
|
|||
5.3
Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda
|
5.3
Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda
|
|||
6
|
6
Memahami
arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan
|
6.3
Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
6.1
Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
Api unggun
|
6.2
Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
6.2
Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
|||
7
|
7
Memahami
resep dasar memasak
|
7.1
Membuat
resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
7.1
Membuat
resep/ bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
Tata boga
|
7.2
Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
7.3
Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
|||
8
|
8
Memahami
cara membuat hasta karya
|
8.1
Membuat
kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
8.1
Membuat
kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)
|
Hasta karya Pramuka
|
8.2
Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
8.3
Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
|||
9
|
9
Memahami
lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka
|
9.1
Mengetahui
lambang gerakan pramuka
|
9.1
Mengetahui
lambang gerakan pramuka
|
Lambang Gerakan Pramuka dan
struktur kepramukaan
|
9.2
Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
9.3
Mengetahui
definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah
|
|||
9.4
Membentuk
kepengurusan regu
|
9.2
Membentuk
kepengurusan regu
|
|||
10
|
10
Memahami
definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1
Mengetahui
arti musyawarah secara sederhana
|
10.1Mengetahui arti musyawarahdan
mufakat secara sederhana
|
Musyawarah dan mufakat Pramuka
|
10.2
Bermusyawa
rah membuat jadwal latihan lanjut
|
10.2Bermusyawarah membuat jadwal
latihan lanjut
|
|||
11
|
11
Memahami
tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui
berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui
berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Mencari jejak dan penggunaan peta
|
11.2
Menggunakan
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.3
Menggunakan
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
|||
12
|
12
Memahami
definisi dan praktek P3K
|
12.1
Mengetahui
arti P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
P3K
|
12.2
Mengetahui
cara dalam praktek P3K
|
12.2
Mengetahui
cara praktek P3K
|
|||
12.3
Memperagakan
P3K dan PPSD
|
12.3
Memperagakan
P3K dan PPGD
|
|||
13
|
13
Memahami
definisi jelajah alam dan out bound
|
13.1
Mengetahui
pengertian dasar jelajah alam dan outbond
|
13.1Mengetahui pengertian dasar
jelajah alam dan out bound
|
Jelajah alam dan out bout
|
13.2Mengetahui macam-macam jenis out
bound
|
13.2
Mengetahui
macam-macam jenis outbound
|
|||
13.3
Jelajah
alam dan out bound sederhana
|
13.3Jelajah alam dan out bout
sederhana
|
|||
14
|
14
Memahami
macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1Mengetahui macam- macam lagu wajib
dan lagu daerah
|
14.1Mengetahui macam-macam lagu wajib
dan lagu daerah
|
Lagu-lagu wajib dan daerah
|
14.2
Menyanyikan
lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
14.2Menyanyikan lagu wajib dan salh
satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
|||
15
|
15
Memahami
makna bakti karya Penggalang.
|
15.1Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
15.1
Mengetahui
makna bakti karya Penggalang
|
Bakti karya
|
15.2
Bakti
karya Penggalang untuk desa
|
15.2Bakti karya penggalang untuk
masyarakat pegunungan
|
BAB IV
ANGGARAN GUDEP
Anggaran
GUDEP diperoleh dari :
1. Iuran anggota yang besarnya
ditentukan oleh musyawarah GUDEP
2. Anggaran Pramuka yang pungut dari
siswa melalui daftar ulang besarnya ditentukan dalam musyawarah GUDEP
3. Bantuan dari masyarakat yang tidak
mengikat
4. Usaha-usaha lain yang tidak
bertentangan dengan perturan perundang-undangan, Anggaran Dasar dan Anggaran
Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
BAB V
P E N U T U P
Akhir kami mengucapkan terima kasih
kepada semua pihak yang telah
memberikan kepercayaan pada kami, sehingga kami dapat membantu dalam sesuai dengan kemampuan yang kami miliki saat ini.
Selanjutnya, kami mohon maaf sebesar-besarnya jikalau dalam kegiatan di
lapangan maupun pengadaan administrasi yang kami buat jauh dari sempurna, kami
mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi terwujudnya kegiatan
dan program yang lebih baik di masa yang akan datang.
Comments
Post a Comment